Jumat, 13 November 2015

Menghapus Object (Erase)


Tutorial Autocad tentang cara menghapus object (erase) ini sangatlah mendasar bagi para pemula yang baru belajar autocad. Cara belajarnya dengan mengikuti panduan dan langsung lakukan dengan latihan yang telah dicontohkan. Termasuk didalamnya tiga cara memilih object yang merupakan langkah yang harus dikuasai sebelum menghapus object. Selamat berlatih...


Cara Menghapus object menggunakan perintah Erase dengan cukup mengetikkan E pada kotak command. 

Mengetikkan E pada Command Autocad








Coba ikuti langkah ini,

Sebelummnya, buat gambar tiga buah garis sebagai contoh object yang akan kita hapus seperti gambar di bawah. Sudahkah tahu cara membuat garis? jika belum baca cara membuat garis pada autocad.


Gambar Tiga Buah Garis




















Perhatikan tampilan command pada autocad setelah mengetikkan E dan diikuti dengan spasi, terdapat perintah selanjutnya “Select objectyang berarti kita harus melakukan pemilihan object yang tentu saja akan kita hapus. 
 
Gambar Kotak Command dengan Perintah Erase dan Select Object







Sebagai contoh kita akan menghapuskan garis horizontal seperti pada gambar yang telah kita buat sebelumnya, maka diperlukan penguasaan cara memilih object (select object). Jika pemilihan object hanya satu maka diakiri dengan tekan spasi atau enter, tetapi apabila melanjutkan ingin memilih object yang lain, lakukan pengulangan dengan menekan spasi.


Gambar 2 Cara Memilih Object














Ada dari kebanyakan pemula sering menggunakan Del, pertanyaannya apa bisa digunakan untuk menghapus object? jawabannya tentu saja bisa, tetapi menggunakan cara ini memiliki kekurangan, object yang telah dipilih tidak bisa diundo atau dibatalkan satu persatu. Kalaupun terjadi kesalahan dalam memilih object, cara menekan cancel yang berarti membatalkan seluruh pemilihan object.

Sedikit pengulangan tentang cara memilih object (select object) pada contoh di atas.

Ada tiga cara memilih object :

Pertama, lihat cara 1 memilih object dengan me-drug kursor dari kiri ke kanan (dari titik 1 menuju titik 2). Syarat pemilihan dengan cara ini, object yang akan dipilih harus masuk dalam area kotak.

Kedua, lihat cara 2 memilih object dengan me-drug kursor dari kanan ke kiri (dari titik 3 menuju titik 4). Syarat pemilihan, object yang dipilih cukup tersentuh/dikenai oleh area kotak.

Ketiga, cara me-klik pada garis object, cara ini paling tidak disarankan karena seringkali membutuhkan ketelitian mata untuk menepatkan posisi kursor tepat pada object yang akan dipilih.


Baca berikutnya... Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom).


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.