Sabtu, 07 November 2015

Chamfer pada AutoCad


Pada materi belajar Autocad tingkat dasar ini tentang chamfer pada autocadsebenarnya satu paket dengan fillet, jika anda telah mempelajari fillet tentu tidak akan kesulitan. Disini juga dibedakan chamfer pada line dan polyline. Sekarang mari kita bahas apa itu chamfer pada autocad?
Command chamfer dapat disingkat, CHA, merupakan bagian dari modify yang dapat membuat sudut pojok menjadi tumpul dengan menentukan 2 (dua) jarak chamfer dan memilih kedua garis tersebut. Pada default autocad, current chamfer Dist1 = 0, Dist2 = 0. Jika kita telah pernah menggunakan perintah chamfer dan mengisi kedua jarak atau distance itu sebelumnya, maka akan tertulis current chamfernya yang terakhir.

Untuk mempersingkat, mari kita latihan menggunakan gambar hasil fillet pada artikel sebelumnya. Jika belum membaca silahkan klik Cara Mudah Menggunakan Fillet.

Gambar Hasil Fillet dengan Radius 20















Tugas kita merubah dari bentuk fillet dengan radius 20 menjadi fillet dengan distance 1 dan 2 = 20. Ikuti langkah berikut :

Ketik CHA pada command, kemudian tekan spasi. Lihat current chamfer Dist1 dan Dist2, jika nilainya masih mengikuti default atau 0, maka ketik d sebagai pilihan distance, muncul tulisan:

“Specify first chamfer distance <0.0000>: “ isi dengan 20, tekan spasi.
“Specify second chamfer distance <20.000>:” tekan spasi, karena benar.
 “Select first line or …” lanjutkan dengan klik garis vertical warna hijau,
“Select second line or …” klik garis horizontal warna hijau.


Gambar Hasil Chamfer Dis1 dan Dist2 = 20






Hasil chamfernya telah terlihat, tetapi bentukan radius fillet masih ada, sehingga kita hanya menghapus menggunakan erase. Lihat artikel terkait Menghapus Object (Erase).






 
Apa yang dimaksud dengan chamfer distance? Jawabannya ada pada gambar di bawah, dimana kita menentukan first line (garis vertical warna hijau), yang disebut dengan distance 1 (Dist1) sedangkan second line (garis horizontal warna hijau) sebagai distance 2 (Dist2).

Gambar Apa yang dimaksud dengan Chamfer Distance?
















Selanjutnya kita merubah kotak kuning 100x160 dengan fillet radius 20 menjadi chamfer dist1 dan 2 = 20. Ikuti langkah berikut:

Ketik CHA, tekan spasi, terdapat tulisan

Command: cha CHAMFER
(TRIM mode) Current chamfer Dist1 = 20.0000, Dist2 = 20.0000
Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]:ketik P sebagai pilihan Polyline, kemudian tekan spasi.

Lihat hasilnya.

Gambar Hasil Chamfer Dist1 dan Dist2 = 20





















Bagaimana jika kita ingin merubah hasil bentukan fillet maupun chamfer menjadi sudut lancip atau kembali ke keadaan pertama sebelum dibuat fillet atau chamfer?

Jawabannya adalah jika fillet kembalikan dengan merubah fillet dengan radius = 0, begitu juga dengan chamfer dengan merubah dist1 dan 2 = 0, maka akan kembali bentuk kotak dengan sudut lancip.

Sekian artikel mengenai chamfer pada autocad, semoga berguna bagi teman-teman calon dan praktisi yang menggunakan gambar sebagai bahasa teknik. 



Baca selanjutnya.. Membuat Gap dengan Break AutoCad..


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.