Sabtu, 14 November 2015

Cara Membuat Segitiga Menggunakan Garis Bantu

Materi tutorial belajar AutoCad untuk pemula dengan judul Cara Membuat Segitiga Menggunakan Garis Bantu, bertujuan memberikan tuntunan cara berlogika dalam menggambar. Logika ini penting bagi yang benar-benar pemula, maka ikuti saja anda pasti mengerti maksud saya. 

Membuat segitiga menggunakan garis bantu? Apa maksudnya? Untuk menjawab kedua pertanyaan itu, kita buat contoh membuat segitiga sama kaki, perhatikan gambar ini.

Gambar Soal Segitiga Sama Kaki





















Contoh ini diperuntukkan tentu saja bagi pemula. Diketahui, segitiga sama kaki, memiliki ukuran alas 80 sedangkan tinggi 100. Dari keseluruhan materi yang telah kita pelajari sebelumnya, command apa yang dapat anda pakai?

Apa menggunakan polygon? Tentu tidak. Masih ingat prinsip dasar polygon, bukan? Jawabannya, saya yakin anda semua pasti tahu. Polygon hanya dapat digunakan membuat segitiga sama sisi.

Bagaimana dengan command yang lain? Line. Benar sekali menggunakan line. Kemudian muncul pertanyaan. Untuk membuat sisi dasar 80… tidak ada masalah. Bagaimana dengan sisi miringnya? Cara membuat garis dengan sudut, menggunakan kode polar @panjang garis <sudut. Kita lihat lagi soalnya, tidak diketahui panjang sisi miring maupun sudutnya. Jadi bagaimana? Tidak mungkin kita harus menggunakan hitungan matematika untuk mencari sudut dan panjang sisinya. Terlalu rumit bukan?

Bagi anda yang pemula pasti akan berpikir mencari-cari command-command lain yang bisa digunakan. Bingung? Justru itu target saya menggiring cara berpikir anda untuk lebih kritis. Pasti sebagian banyak dari anda ada yang sudah tahu jawabannya, karena sudah saya pancing untuk mau berpikir. Jawabannya adalah menggunakan garis bantu vertikal. Ya tepat sekali! Hanya perlu untuk membiasakannya.

Langkahnya : buat garis (warna biru) sepanjang 80 horizontal. Lanjutkan membuat garis bantu vetikal (warna putih) dari midpoint 80 setinggi 100. Dengan adanya garis bantu ini kita telah memiliki titik snap endpoint dari ujung garis vertical tersebut sebagai bantuan membuat ke dua garis miring (warna merah) yang merupakan ke dua sisi dari segitiga sama kaki. Lihat gambar penjelasannya.

Gambar Penyelesaian Soal Segitiga Sama Kaki menggunakan Garis Bantu


















Sengaja, walaupun hal ini sangat simple, tetapi pada banyak kasus, modul-modul pembelajaran autocad hanya memberikan langkah-langkah tiap-tiap command. Banyak pemula, bisa belajar sendiri dan mengikuti langkah-langkah soal hasilnya mengerti. Tetapi tidak dengan kasus atau contoh-contoh yang lain. Dimana letak kesalahannnya? ketaktisan, kreatifitas dan logika berpikir yang perlu dibiasakan dengan latihan-latihan. 

Demikian sekelumit tentang Cara Membuat Segitiga Menggunakan Garis Bantu, semoga bermanfaat.

Tambahan motivasi belajar….  “Semakin tahu, semakin banyak yang kita tidak tahu” mari kita belajar sepanjang usia.. Good Luck..

Baca materi lanjutan.. Membuat Garis dengan Sudut...


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.