Minggu, 22 April 2018

Tips dan Trik Cara Belajar AutoCad bagi Praktisi Konstruksi


Hai sobat praktisi konstruksi..

Autocad bagi para praktisi konstruksi, sering disebut juga orang lapangan (construction), menjadi perhatian penulis, mengapa demikian?

Metode belajar bagi pra praktisi


Pertama, program autocad sampai saat ini masih exist, terbukti masih banyak ditemui file-file dalam bentuk cad file.

Kedua, walaupun banyak file-file gambar sudah dalam bentuk pdf, tetapi masih memiliki kekurangan. Sangat sulit mempelajarinya. Garis-garis terkadang terlihat menjadi satu, sulit untuk membedakannya. Sehingga kembali pada cad file untuk mempermudah mempelajarinya.

Ketiga, untuk membuat shop drawing. Orang lapangan atau konstruksi (construction) masih memerlukan kejelasan gambar sebagai acuan pekerjaan di lapangan. Dimensi-dimensi yang masih kurang jelas akan diperjelas dalam shop drawing. Untuk itu AutoCad masih sangat diperlukan.

Keempat, berdasarkan pengalaman penulis, AutoCad sangatlah membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di lapangan, mulai dari estimasi material sampai rigging (pengangkatan).

Dan masih banyak lagi fungsi-fungsi autocad bagi para praktisi konstruksi, untuk itu ikuti langkah-langkah Tips dan Trik Cara Belajar AutoCad bagi Praktisi Konstruksi yang akan dijabarkan pada materi kali ini.

Lalu, bagaimana cara belajar AutoCad bagi para Praktisi Konstruksi? Jangan khawatir, penulis memiliki jurus-jurus yang tentu berbeda dengan cara belajar untuk calon drafter atau designer di bidang engineering yang sangat menyita waktu dan tenaga.

Step-stepnya sebagai berikut:
Jurus ke-1, Memahami prinsip kerja autocad secara umum.
Jurus ke-2, Mengerti bagaimana cara mempelajari gambar konstruksi dengan autocad.
Jurus ke-3, Mengerti cara mencetak autocad.
Jurus ke-4, Mengerti cara merubah dari file autocad menjadi pdf.
Jurus ke-5, Mengerti cara gambar dan modify secara dasar.
Jurus ke-6, Mengerti bagaimana membuat dimensi.
Jurus ke-6, Mempelajari kasus per kasus.

Bagi para praktisi yang telah menguasai dasar autocad, lewati saja bagian bawah ini, langsung aja menuju jurus ke-6.

Ayo kita jabarkan satu persatu jurus-jurus itu:

Sebelum memulai, penulis ingin sampaikan bahwa cara belajar di sini tidak harus diikuti dari awal sampai akhir. Sobat dapat mempelajarinya bagian-bagian yang dirasa memang belum dimengerti saja, sedangkan apabila sudah mengerti lewati.

Jurus ke-1, Memahami prinsip kerja autocad secara umum.
Disini sobat dituntut untuk memahami cara membuka autocad, membuka file autocad dan menyimpan file di folder. Dapat membedakan file autocad dan yang lain. Cad file memiliki extensi dwg, sedangkan backupnya adalah bak. Mempelajari tampilan autocad, menu dan prinsip dasar autocad. Lajutkan mempelajari cara kerja program autocad pada step-1 Tips-Cara Belajar Autocad-Panduan Belajar bagi Pemula.

Jurus ke-2, Mengerti bagaimana cara mempelajari gambar konstruksi dengan autocad.
Untuk mempelajari autocad diperlukan kemampuan untuk mengerti fungsi mouse untuk melihat, memperkecil, membesarkan tampilan (zoom) dan menggeser tampilan (layar) pada autocad.

Jurus ke-3, Mengerti cara mencetak autocad.
Bagi para praktisi, pekerjaan mencetak tentu tidak akan hanya diserahkan kepada document control saja, akan tetapi satu dua lembar untuk keperluan yang urgent akan sobat lakukan sendiri, bukan? Oleh sebab itu, pengetahuan mencetak atau print sangat diperlukan. Ikuti langkah step-4 Pengetahuan cara printing pada Tips-CaraBelajar Autocad-Panduan Belajar bagi Pemula.

Jurus ke-4, Mengerti cara merubah dari file autocad menjadi pdf.
Mengapa diperlukan kemampuan merubah file autocad menjadi pdf? Karena berhubungan dengan pengiriman file gambar dan file-file autocad yang sangat besar, dan juga tidak semua orang mengerti cad file maka salah satu cara adalah merubah cad file menjadi pdf.

Jurus ke-5, Mengerti cara gambar dan modify secara dasar.
Pada jurus ini, sobat dapat mempelajarinya dari Step 2-Penguasaan Dasar Tips-Cara BelajarAutocad-Panduan Belajar bagi Pemula. Untuk mempelajarinya sobat tidak diharuskan melalui langkah satu per satu, bisa loncat-loncat sesuai kebutuhan. Cara belajar per kasus yang dihadapi juga boleh. Atau lihat sitemap untuk materi yang dicari.

Materi yang wajib terkait:

Adapun modify pelajari tentang copy, offset, move, rotate, trim, extend, mirror, scale, fillet dan chamfer dan break.

Jurus ke-6, Mengerti bagaimana membuat dimensi.
Kegunaan mempelajari ini, terkait alasan kedua, untuk membuat shop drawing dan memperjelas gambar yang sobat pelajari, membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana membuat dimensi.

Jurus ke-6, Mempelajari kasus per kasus.
Pada jurus terakhir ini, penulis ingin membagikan berbagai pengalaman tentang kegunaan autocad pada bidang konstruksi yang selama ini penulis geluti. Karena keterbatasan waktu, materi ini akan penulis cicil satu persatu dikemudian hari. Tunggu dan sabar ya...

Akhir kata, semoga materi tentang Tips dan Trik Cara Belajar AutoCad bagi Praktisi Konstruksi bermanfaat bagi sobat-sobat praktisi konstruksi di mana pun sobat berada.

“Salam berbagi”




Pelajari juga tentang :





EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.