Rabu, 28 Oktober 2015

3 Cara Paling Sering Memindahkan Object (MOVE)



Panduan belajar autocad ini masih bagian dari materi tingkat dasar tentang Modify-MOVE. Materi yang akan dibahas disini memberikan 3 cara memindah-mindahkan object dari satu tempat ke tempat yang diinginkan dengan memberikan beberapa contoh object yang paling sederhana dan berikut langkah-langkahnya.


Command MOVE, atau dapat disingkat dengan mengetikkan  M, merupakan salah satu command modify yang dapat memindahkan object yang telah dipilih dengan 3 cara yang paling sering digunakan yaitu (lihat gambar dan penjelasannya).

Gambar 3 Cara Paling Sering Memindahkan Object (Move)













Cara 1. Memindahkan kesembarang tempat.
Pemindahan dengan cara ini, tidak memerlukan jarak dan ketepatan titik tujuan.


Cara 2. Memindahkan secara tegaklurus arah horizontal atau vertical dengan atau tidak menentukan jarak pemindahan.
Pemindahan cara ini harus menghidupkan ortho, sehingga pemindahannya dapat dilakukan secara terkunci/ tegak lurus arah horizontal atau vertical dengan atau tidak memerlukan ketepatan jarak.

Pemindahan dengan jarak tertentu, klik acuan (base point) di sembarang tempat, menggeser mouse dan mengetikkan jarak pemindahan tanpa harus menentukan titik acuan (base point), second pointnya.
Sedangkan pemindahan tidak memerlukan jarak, klik acuan (base point) di sembarang tempat, menggeser mouse dan klik titik tujuan (second point) juga di sembarang tempat.  


Cara 3. Memindahkan ke tujuan tertentu.
Pemindahan dengan cara ini, memerlukan ketepatan penentuan titik acuan (base point) dan titik tujuan (second point). Hidupkan fungsi osnap dengan settingan menyesuaikan kasus pemindahan disertai mematikan fungsi ortho. 

Jika object diibaratkan sama dengan barang. Maka titik acuan/ base point dapat dikatakan sebagai ketepatan titik acuan memegang barang yang akan dipindahkan sedangkan titik tujuan/ second point diibaratkan titik ketepatan pemindahan barang.

Ikuti langkah command berikut:

Cara 1.
Buatlah lingkaran dengan diameter 50 : ketik C, spasi, tentukan center point (klik), ketik d, spasi, ketik 50 spasi.
Matikan fungsi ortho. Lanjutkan memindahkan lingkaran, langkahnya: Ketik M, spasi, select object (pilih lingkaran yang akan dipindahkan), spasi, tentukan base point (klik) di manapun, geser mouse sesuka hati anda untuk memindahkan lingkaran tersebut. Tampak lingkaran mengikuti arah pergerakan mouse. Lanjutkan dengan menentukan titik tujuan dengan klik disembarang tempat.

Cara 2.
Contoh Memindahkan dengan jarak 70
Buatlah lingkaran dengan diameter 50, ikuti cara 1.
Hidupkan fungsi ortho. Lanjutkan memindahkan lingkaran ke arah kanan dengan jarak 70, langkahnya: Ketik M, spasi, select object (pilih lingkaran yang akan dipindahkan), spasi, tentukan base (klik) di manapun, geser mouse ke arah kanan, ketik 70 pada command. Spasi.

Contoh Memindahkan tidak dengan jarak
Buatlah lingkaran dengan diameter 50, ikuti cara 1.
Hidupkan fungsi ortho. Lanjutkan memindahkan lingkaran ke arah kanan tidak dengan jarak yang ditentukan, langkahnya: Ketik M, spasi, select object (pilih lingkaran yang akan dipindahkan), spasi, tentukan base (klik) di manapun, geser mouse ke arah kanan, tentukan titik second point (tujuan) di sembarang tempat (klik).

Cara 3.
Buatlah lingkaran dengan diameter 50, ikuti cara 1. Berikut garis tingginya 60, langkahnya : ketik L, spasi, klik first point, geser mouse ke arah atas, ketik 60, spasi.
Matikan fungsi ortho. Hidupkan fungsi osnap dan menconteng pilihan setting quadrant dan endpoint.
Lanjutkan memindahkan dasar lingkaran (quadrant) sebagai acuan tepat di ujung atas (endpoint) garis, langkahnya: Ketik M, spasi, select object lingkaran, spasi, tentukan base point (klik) tepat dibagian bawah (quadrant) lingkaran, geser mouse ke arah atas garis, tentukan titik tujuan (second point) dengan melakukan klik tepat di endpoint bagian atas garis.


Tips Move untuk Calon Praktisi Engineering. 
Pada object yang telah memiliki kerumitan, kita akan mengalami kesulitan terlalu banyaknya object yang harus dipilih (di-select object) sebelum dipindahkan, untuk itu usahakan menggambar menggunakan object yang menjadi satu kesatuan, seperti menggunakan beberapa fasilitas Polyline, BLOCK, dll. Dengan Polyline atau block, sekali select semua object akan mengikuti, kita hanya cukup menentukan satu titik acuan dan memindahkannya sesuai keinginan.


Baca selanjutnya... Memutar Object (Rotate)...


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.